Kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis online shop, salah satunya ialah strategi. Tanpa taktik dan perencanaan yang jelas, maka bisnis online tersebut bisa dipastikan akan kandas di tengah jalan.
Strategi yang matang bukan hanya untuk mempertahankan bisnis semoga bisa tetap survive, lebih dari itu, taktik yang sempurna juga dapat menaikkan omset bisnis online Anda sampai berkali-kali lipat.
Pentingya taktik inilah yang seharusnya disadari oleh para pebisnis online kalau ingin produk yang mereka jual bisa laris di pasaran.
Kabar baiknya, disini saya akan menyebarkan 6 taktik yang sudah terbukti ampuh untuk menaikkan omset penjualn bisnis online shop Anda. Mungkin tak perlu berlama-lama, eksklusif saja Anda simak kelima strategi meningkatkan omset penjualan bisnis online.
1. Lakukan A/B Test
A/B Test ialah cara untuk melihat perbandingan konversi, dengan melaksanakan A/B Test maka kita bisa melihat mana tampilan yang menghasilkan konversi penjualan terbesar. Sederhananya, A/B Testing sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan online.
A/B Test disini mencangkup banyak sekali hal, khususnya dalam hal desain dan pemilihan teks. Contoh mudahnya Anda bisa mencoba melaksanakan A/B Test pada tombol pembelian :
- A Test : Beli Sekarang
- B Test : Belanja Sekarang
Dengan melaksanakan kedua percobaan tersebut maka akan didapatkan hasil kalimat apa yang mempunyai konversi paling tinggi dan selanjutnya Anda bisa melaksanakan A/B Testing pada desain tombol tersebu.
2. Tambahkan Widget Testimonial
Widget Testimonial termasuk widget wajib yang harus dipasang khususnya untuk Anda yang gres memulai bisnis online shop, alasannya ialah sangat bermanfaat untuk menyakinkan calon pembeli bahwa Anda merupakan seller terpercaya.
Jauh lebih baik kalau widget testimonial disertai dengan foto asli dari buyer, alasannya ialah kalau hanya teks (nama) saja sepertinya kurang begitu bisa meyakinkan pembeli.
Kaprikornus secara tidak eksklusif widget testimonial sangat ampuh membantu menaikkan konversi penjualan yang berujung pada peningkatkan pendapatan Anda.
3. Maksimalkan SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau sederhanya bisa diartikan sebagai sebuah teknik mengoptimalkan blog semoga menerima ranking 1 di Google merupakan taktik paling sempurna untuk mendongkrak penjualan bisnis online Anda.
Masalahnya, SEO ini bukanlah ilmu pasti, jadi tidak cukup dimengerti hanya dengan membacanya saja, namun juga harus disertai dengan praktek atau orang-orang teknik menyebutnya trial and error.
Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan apa itu seo dan semacamnya, alasannya ialah Anda sudah berada di blog yang sempurna untuk belajar seo, meski Anda seorang pemula sekalipun.
Perlu diketahui bahwa SEO pada website online shop bisa dibilang jauh lebih susah dibanding men-SEO-kan website dengan jenis blog. Namun jangan khawatir alasannya ialah ada triknya, yaitu dengan memaksimalkan heading tag untuk tiap halaman produk. Misalnya dengan menambahkan tag H1 pada judul produk, tag H2 untuk sub-judul produk dan tag H3 untuk kategori produk.
4. Manfaatkan Media Sosial
Saya tau betul sulitnya meningkatkan secara optimal website online shop dan solusinya ialah dengan memanfaatkan media sosial. Ya, media umum merupakan ladang untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya.
Mendapatkan ratusan pengunjung dari media umum ibarat Facebook, Twitter dan Google Plus terbilang jauh lebih mudah dibanding dari organic search (hasil pencarian Google).
Media sosial juga memiliki banyak sekali fitur yang sangat membantu untuk memudhakan kita dalam melaksanakan aktifitas jual beli online, misalnya di Facebook terdapat Fanspage dan di Google Plus ada Google+ Page.
Bahkan di Google+ Page juga tersedia fitur Cara Memasarkan Produk yang Baik di media sosial.
5. Gunakan Instant Messaging
Perlahan tapi pasti, sekarang orang mulai beralih dari media umum ke instant messaging, alasannya ialah dinilai lebih praktis dan mudah untuk digunakan.
Kaprikornus tak heran kalau dihampir seluruh smartphone pasti setidaknya terdapat 1 aplikasi instan messaging, entah itu Whatsapp, BBM (blackberry messenger), Line atau yang lainnya.
Untuk itu wajib bagi para pebisnis online untuk mengikuti ekspresi dominan yang ada dengan membuat akun pada tiap aplikasi instant messaging. Karena yang saya pernah dengar, konversi terjadinya closing ketika bertransaksi di instant messaging jauh lebih besar dibanding dengan transaksi melalui media sosial.
Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran Produk ( Online )
6. Perhatikan Timing
Dalam melaksanakan promosi di media sosial, ada tips menjual barang secara online yang perlu diketahui semoga produk yang Anda promosikan tersebut menerima jangkauan yang maksimal, yap indikator yang saya maksud ialah timing atau waktu promosi.
Berdasarkan pengamatan saya (dilihat dari user online), waktu paling sempurna untuk melaksanakan promosi di media umum ialah :
- Pagi jam 6 -7
- Siang jam 12 - 1
- Sore jam 4 - 5
- Malam jam 8 - 10
Itulah jam-jam viral yang menurut saya memiliki konversi cukup tinggi, alasannya ialah pada jam tersebut jumlah sahabat online yang ada di akun Facebook saya mencapai jumlah tertinggi.
Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran Produk ( Offline )
Dengan menerapkan keenam Strategi Jitu Menaikkan Omset Penjualan Bisnis Online Shop diatas, saya harapkan omset atau pendapatan Anda dari bisnis online shop bisa meningkat pesat. Dan tentunya masih banyak taktik jitu lain yang tak mungkin saya sebutkan semua disini, alasannya ialah sebagian ada yang sifatnya diam-diam perusahaan jadi silahkan Anda kembangkan sendiri cara promosi online yang menurut Anda bisa menghasilkan konversi penjualan paling tinggi.
Comments