Cara SEO Yang Benar di Era Perubahan Algoritma Google


Google yang sekarang, bukan Google yang dulu, dimana dahulu kala Google hanyalah sebuah robot (mesin pencari) jadul dengan segala keterbatasannya, namun kini ia telah bertransformasi menjadi sebuah 'mesin pembunuh' yang siap untuk membredeli blog milik siapa saja yang berani bermain di luar aturannya.

Makara bukan zamannya lagi menggunakan teknik seo jadul, menyerupai :
  • Menulis keyword di awal paragraf
  • Memberikan bold, italic, underline pada keyword
  • Melakukan spamming keyword
Karena semua teknik atau cara seo tersebut istilahnya sudah 'kuno' dan tidak cocok lagi digunakan di Zaman atau Era Algoritma Terbaru Google ketika ini, yaitu Panda 4.1

Jika Teknik SEO jadul sudah tidak ampuh lagi, lantas Cara SEO menyerupai apa yang harus kita lakukan d Era SEO sekarang ini (2014) ?

Gunakan HTTPS

Secara resmi Google mengumumkan bahwa kini mereka menggunakan HTTPS sebagai Ranking Signal atau faktor yang mensugesti peringkat suatu Blog / Web. Dan bahkan menurut info yang saya dapat, 20% dari hasil pencarian Google di halaman pertama ditempati oleh situs yang telah menggunakan HTTPS/SSL.

Cara SEO 1: Gunakan HTTPS

Untuk mengambarkan pernyataan tersebut, saya mencoba untuk mengetikkan kata kunci 'tiket online' dan ternyata benar, di halaman pertama Google terdapat 2 situs (dari 10 hasil pencarian) yang telah menggunakan HTTPS.

Deskripsikan Keyword

Saat ini Google tidak peduli dengan berapa banyak (jumlah) keyword yang Anda masukkan ke dalam suatu artikel, artinya tidak ada gunanya kita melaksanakan spamming keyword dengan tujuan untuk menjadi Top Ranking 1 Google. Hal tersebut tidak akan terlalu membantu Anda, sebab Google kini sudah tumbuh dewasa, menjadi robot yang canggih nan pintar, dimana bukan lagi Keyword yang diperlukan melainkan deskripsi dari keyword tersebut.

Cara SEO 2: Deskripsikan Keyword

Sebagai referensi jikalau Anda sedang mengincar keyword Belajar SEO, maka tidak perlu untuk mengulang keyword tersebut, cukup deskripsikan saja :
Belajar SEO

Di artikel ini kita akan mempelajari teknik SEO untuk meningkatkan ranking situs kita, dimana pada dasarnya SEO dibedakan menjadi dua yaitu SEO Off-Page dan SEO On-Page
Makara bukan keyword density yang menjadi patokan, melainkan bagaimana cara Anda menjelaskan keyword tersebut sampai pengunjung mengerti dan paham, sebab Google menginginkan Pengunjung menerima info atau penjelasan detail perihal apa yang mereka cari.

Buat Artikel & Backlink Berkualitas

Kualitas akan mengalahkan kuantitas. Bukan soal berapa banyak Backlink yang Anda dapat, melainkan seberapa berkualitas Backlink yang Anda dapat tersebut. Penjelasan mengenai Backlink Berkualitas dan bagaimana cara mendapatkannya sudah saya jelaskan detail disini Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas.

Cara SEO 3: Artikel dan Backlink Berkualitas

Selanjutnya mengenai Artikel Berkualitas, dimana bergotong-royong sudah saya singgung juga pada poin diatas, yaitu perihal mendeskripsikan keyword, namun selain itu Anda juga harus memperhatikan :
  • Internal Link
  • Social Share Button
Selain menjelaskan mengenai keyword yang Anda bidik, kedua hal tersebut wajib Ada di halaman artikel, fungsinya ialah untuk meningkatkan Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA). Karena kini tugas PageRank mulai digantikan oleh PA dan DA (cara menignkatkan domain authority / page authority), artinya PageRank bukan lagi sebagai patokan mengenai besar lengan berkuasa atau tidaknya SEO dari suatu Blog atau dengan kata lain PR tidak begitu membantu meingkatkan peringkat situs blog atau web di mesin pencari menyerupai Google.

Saya harap Tips SEO modern Untuk Pemula diatas dapat bermanfaat, namun akan jauh lebih baik, jikalau Anda mau melaksanakan eksperimen sendiri untuk mencari tahu mana cara seo blog / website yang terbaik untuk situs Anda, sebab meskipun Teknik SEO yang digunakan sama, tetapi tidak ada jaminan Cara SEO tersebut akan sama berhasilnya jikalau diterapkan di Blog / Website yang berbeda.

Comments