Daftar Tempat Situs Web Belanja Online Resmi Indonesia

Situs Belanja Online

Ada aneka macam situs web belanja online yang ada di Internet, dan jumlahnya tak main-main, prediksi saya di Indonesia mungkin ada sekitar ratusan hingga ribuan situs, namun tentu saja tidak semua dari situs tersebut resmi (terpercaya), sebab memang ada sebagian yang sengaja dibuat untuk aktifitas atau tujuan ilegal, menyerupai misalnya untuk menipu konsumen (korban).

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk bertransaksi atau jual beli online, maka ada baiknya cek terlebih dahulu kredibilitas dari Situs Web Belanja Online tersebut, apakah resmi atau tidak.

Baca Juga
Situs Jual Beli OnlineSitus Jual Beli Online

Artikel ini berisi informasi mengenai situs jual beli online terpopuler di Indonesia, yang bisa membantu untuk meningkatkan penjualan online produk Anda



Situs Belanja Online Indonesia




Dan disini saya sudah menyusun daftar daerah situs web belanja online resmi online di Indonesia, jadi situs-situs ini nanti bisa Anda jadikan rujukan kalau ingin berbelanja online, atau hanya ingin sekedar melihat-lihat saja. Total ada 7 Situs Web dan semuanya sudah saya cek track recordnya, mana yang terbaik dan terpercaya, mana yang masih abu-abu.

Langsung saja, ketujuh Situs Web Belanja Online Resmi di Indonesia yang saya maksud tersebut yakni sebagai berikut :


Lazada - Belanja Online Fashion dan Elektronik


Situs Belanja Online Lazada
Situs Belanja Online Lazada

Lazada yakni Situs Web Belanja Online yang didirikan pada tanggal 6 Maret 2012, dan hingga sekarang sudah menjual lebih dari 60 ribu barang, mulai dari Fashion (busana) hingga dengan alat-alat elekrtonik (gadget, tv). Danj kalau kita lihat di Alexa, ranking dari Situs Web Lazada ini sangatlah ramping, yaitu berada di kisaran 1500. Artinya Lazada.co.id masuk ke dalam 2000 Situs Web Terbaik versi Alexa.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa Lazada merupakan situs web belanja online yang namanya sudah besar, dan juga sudah bangkit selama 2 Tahun lebih, ini artinya Lazada memiliki kredibilitas yang cukup tinggi, dan layak mendapat gelar situs web belanja online resmi yang terpercaya.


Elevenia - Surga Belanja Online


Situs Belanja Online Elevenia
Situs Belanja Online Elevenia

Situs Web Belanja Online Elevenia diluncurkan pada bulan November tahun lalu, namun meskipun Situs Belanja Online ini masih gres sebab umurnya belum genap 1 Tahun, tetapi namanya sudah dikenal seantero indonesia, dan bahkan di Google sudah bisa menempati peringkat atau posisi kedua dengan kata kunci 'belanja online' ini sungguh prestasi yang membanggakan.

Di sisi lain, Elevenia juga menyediakan barang-barang keperluan umum, jadi tidak fokus dengan satu produk, dan itu membuat Eleveni memiliki beragam barang yang dijual, bahkan jumlahnya sudah mencapai 300 ribu lebih, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan terus naik di tahun 2015.


Rakuten - Belanja Online Shopping is Entertainment!


Situs Belanja Online Rakuten
Situs Belanja Online Rakuten

Semboyan dari Rakuten ini sangat unik, yaitu Online Shopping is Entertainment! atau dalam bahasa indonesia berarti Belanja Online yakni Hiburan. Maksudnya yakni kalau Anda mencari hiburan, maka berbelanja online lah. Sebuah kalimat yang sangat viral bukan ?

Rakuten.co.id yakni anak perusahaan dari Rakuten Inc yang berpusat di Jepang, atau bisa dibilang sebagai Rakuten versi Indonesia yang didirikan pada tahun 2013 lalu, tepatnya pada tanggal 15 November.


Zalora - Toko Sepatu dan Fashion Online


Situs Belanja Online Zalora
Situs Belanja Online Zalora

Terlihat terang dari judul situs web Zalora, bahwa situs ini yakni Toko Online di Indonesia yang menjual Sepatu, Baju dan hal-hal yang bekerjasama dengan Fashion lainya.

Baca Juga : Online Shop Baju Murah

Saya sempat beberapa kali datang ke situs web ini, bukan untuk berbelanja online melainkan hanya ingin mencari tahu apa yang sedang musim dikala ini, dan itu sebuah marketing yang cerdas, sebab selain menjual barang (fashion) disamping itu mereka juga menunjukkan informasi atau info ihwal musim fashion.


Tokopedia - Jual Beli Online Aman dan Nyaman


Situs Belanja Online Tokopedia
Situs Belanja Online Tokopedia

Berbeda dengan keempat Tempat Situs Web Belanja Online yang saya sebutkan diatas, dimana keempat-empatnya menggunakan domain TLD Indonesia (co.id) namun Tokopedia tetap memilih untuk menggnakan domain TLD Commercial (.com). Bukan sebuah problem sebenarnya, sebab yang terpenting adalahh kualitas akan pelayanan yang diberikan, dan Tokopedia mengaskan bahwa mereka akan menunjukkan pelayanan yang terbaik, dan itu bisa Anda lihat di Judul Situs We Tokopedia.


Carrefour - Belanja Elektronik, Makanan, Minuman dan Pakaian


Situs Belanja Online Carrefour
Situs Belanja Online Carrefour

Untuk Anda yang super sibuk hingga tidak ada waktu untuk ke supermarket, maka Anda bisa memanfaatkan layanan yang diberikan oleh pihat supermarket, sebagai pola Carrefour yang sudah meluncurkan situs web belanja online semenjak tahun 2000 lalu, yang bertujuan untuk memudahkan kita untuk mencari tahu stock barang apa saja yang tersedia, hanya dengan mengetikkan nama barang yang Anda cari di kotak pencarian.


Gramedia Online - Toko Buku Online, Belanja Buku Online


Situs Belanja Online GramediaOnline
Situs Belanja Online Gramedia

Siapa yang tidak kenal Gramedia ? toko buku yang cabangnya sudah ada hampir di seluruh Indonesia. Dan kini menjadi salah satu Toko Buka terbesar di Indonesia. Kaprikornus tak berlebihan kalau menyebut koleksi buku di Gramedia salah satu yang trlengkap dikala ini. Karena banyaknya buku yang tersedia, untuk memudahkan para pembeli mencari buku, maka Gramedia meluncurkan situs web belanja buku online yang diberi nama gramediaonline, dan bisa Anda kanal melalui link berikut ini http://www.gramediaonline.com


Situs Belanja Online yang saya sebutkan diatas sudah bisa dipastikan benar-benar terpercaya dan aman, sebab modal yang mereka keluarkan untuk bisa menjadi besar (populer) menyerupai sekarang ini tidaklah murah, bahkan bisa dibilang sangat besar, jadi tidak mungkin mereka menukar kepopuleran tersebut dengan perbuatan tercela sepeti penipuan online atau semacamnya yang bisa merusak reputasi. Dan untuk Anda yang gemar melaksanakan transaksi atau jual beli online namun masih takut dengan penipuan online, berikut Tips Aman Belanja Online versis saya :

  • Cari tahu siapa pemilik Toko Online tersebut

    Toko Online resmi selalu menyediakan informasi mengenai siapa mereka, dan siapa yang mendirikannya. Dan kalau di situs web belanja online tersebut tidak ada halaman Hubungi Kami atau Tentang Kami, maka pikir dua kali sebelum bertransaksi di situs tersebut.

  • Waspadai harga barang yang terlalu miring

    Anda harus cerdik membedakan mana barang yang didiskon sebab ada event tertentu atau sebab ingin menipu, logikanya tidak ada penjual yang rela menjual barang (baru) dibawah harga pasaran sebab mereka akan rugi, dan sebagai informasi bahwa hal yang paling dihindari pedagang yakni rugi, jadi waspadai penjual yang menjual harga terlalu murah.

  • Cari informasi mengenai Track Recordnya

    Ketahui track record atau rekam jejak situs web belanja online tersebut, mulai dari berapa lama situs tersebut berdiri, dan bagaimana pengalaman orang belanja online disana, dan semua itu bisa ditanyakan ke teman-teman Anda yang ada di media sosial.

Saran saya kalau memang masih takut untuk belanja online, maka saya sarankan untuk menggunakan RekBer atau Rekening Bersam, jadi kita meminta santunan pihak ketiga (si RekBer), dan cara kerjanya sangat sederhana yaitu Pembeli transfer uang ke Rekber lalu Penjual kirim barang ke Pembeli selanjutnya Rekber transfer uang dari Pembeli ke Penjual. Ini untuk memastikan bahwa Pembeli mendapat barang sesuai dengan apa yang dijual oleh Penjual.

Baca Juga Daftar Toko Online Indonesia part II

Lengkap sudah informasi yang saya berikan kali ini, dari mulai Daftar Situs / Website Belanja Online Indonesia hingga dengan Tips Aman Belanja Online.

Comments