Cara Pasang WhatsApp Share Button Blog AMP

Seperti yang sudah aku jelaskan terlebih dahulu mengenai penerapan pada blog sekarang ini berbagai para blogger yang masih resah dalam penerapan Blog tersebut, alasannya yaitu memang berbagai kita harus mengedit kembali setingan dan kode-kode script yang ada di dalam templated blog. Seperti yang aku pernah bahas sebelumnya Cara Edit Templated Blog disitu sedikit banyak ada penjelasannya meskipun masih belum banyak membantu, termasuk Blog aku ini hingga goresan pena ini di terbitkan masih saja ada laporan error di Blog aku ini, namun aku tetap berusaha dan mempelajari cara memperbaiki error pada Blog aku ini, dan pastinya akan selalu aku share perkembangannya dan menyebarkan kepada sahabat semua.

Terkait artikel postingan kali ini aku akan menyebarkan mengenai Cara Pasang WhatsApp Share Button Blog cara ini sebetulnya sama penerapannya pada Templated blog yang bukan namun yang membedakannya yaitu penerapan arahan scriptnya untuk pasang Whatsapp share button pada blog. Alasan aku mengapa blog harus dipasang Whatsapp share button dikarenakan sekarang ini teknologi handphone sudah sedemikian berkembang cepat, sekarang ini para pengguna lebih banyak mengakses berita dari internet lebih banyak menggunakan smartphone, sama ibarat halnya juga kita meskipun ada Laptop atau PC komputer rasanya lebih nyaman jikalau hanya sekedar mencari berita yang tidak membutuhkan kerja yang lama lebih nyaman dan efisien menggunakan smart phone, apalagi sekarang ini OS di hampir semua Smart Phone sudah mendukung teknologi terbaru terutama untuk Blog . 

Nah dari sekian banyak pengguna smart phone rata-rata selalu ada dan sudah menggunakan aplikasi Whatsapp yang terinstal di dalamnya, pengguna mampu membagikan berita melalui Aplikasi Whatsapp tersebut, untuk itu kita pun sebagai Blogger harus mampu tanggap dan menangkap peluang mendatangkan trafik untuk Blog atau website kita yaitu salah satunya memanfaatkan Aplikasi Whatsapp yang akan aku bahas kali ini, bagaimana cara penerapannya berikut penjelasannya.


Cara Pasang WhatsApp Share Button Blog
Untuk Sobat yang belum menambahkan arahan script untuk sosial share JS dari Project silahkan copy arahan berikut.  
<script async='async' custom-element='amp-social-share' src='https://cdn.ampproject.org/v0/amp-social-share-0.1.js'/>

Jika sudah terpasang sebelumnya share button facebook, twitter, dan lainnya berarti arahan JS sosial share sudah ada dan sahabat mampu lanjut ketahap berikutnya.

Copy arahan dibawah ini silahkan sesuaikan penempatannya.


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot; and data:blog.isMobileRequest == &quot;true&quot;'> <amp-social-share type="whatsapp"     layout="container"     data-share-endpoint="whatsapp://send"     expr:data-param-text='data:post.title + " - " + data:blog.url'>     <amp-img src="https://1.bp.blogspot.com/-FCLjD2JglBM/WGx6SesSt9I/AAAAAAAAAho/IyeBr2xlvccTXKJBDhmsLDJngXZIEriPQCLcB/s1600/whatsapp%2Bshare.png"       width="200"       height="38"       layout="fixed"       alt="Share via Whatsapp"></amp-img> </amp-social-share> </b:if>


Jika sudah nanti akan tempil pada smartphone ibarat ini

WhatsApp share



Sobat atau pengunjung mampu pribadi tekan sosial share button Whatsapp tersebut dan secara otomatis akan masuk ke Aplikasi WhatsApp di smartphone. Penerapan arahan diatas khusus untuk Blog perhatikan betul arahan tiap kodenya.

Untuk penampakan Icon sosial share Whatsappnya sahabat mampu kreasikan sendiri dengan mengganti arahan diatas kebetulan aku sudah buatkan sahabat tinggal pilih saja sesuai selera dan diadaptasi di penampakan blog nya.

wa share

<amp-img src="https://1.bp.blogspot.com/-SPvnrymEd3k/WGx4GO0PR1I/AAAAAAAAAhc/SUlZpJTSjkgNO2-Nnap7NFwGiQiSAQqgACLcB/s1600/WA.png"       width="37"       height="37"       layout="fixed"       alt="Share via Whatsapp"></amp-img>

WhatsApp Share
<amp-img src="https://1.bp.blogspot.com/-FCLjD2JglBM/WGx6SesSt9I/AAAAAAAAAho/IyeBr2xlvccTXKJBDhmsLDJngXZIEriPQCLcB/s1600/whatsapp%2Bshare.png"       width="95"       height="37"       layout="fixed"       alt="Share via Whatsapp"></amp-img> 

Catatan komplemen :
Penerapan arahan Share button WhatsApp ini diperuntukan bagi pengguna mobile, jadi tidak akan terlihat jikalau menggunakan website. Untuk melihat balasannya pergunakan versi mobile. semoga lebih mudahnya, silahkan gunakan SmartPhone Android atau SmartPhone iPhone untuk melihat tampilannya.

Baiklah Sobat Blogger ini saja yang mampu aku tulis di kesempatan ini, jikalau ada sahabat yang ingin menambahkan atau ingin menyebarkan pengalamannya seputar artikel ini dapat melalui kolom komentar ini, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Comments