Cara Pasang Komentar Disqus di Wordpress AMP HTML

Plugin Disqus

Postingan kali ini masih seputar Komentar Disqus yang terpasang di Wordpress, pada postingan sebelumnya pernah juga saya bahas Cara Pasang Komentar Disqus Blogger dan Facebook di Blog untuk pembahasan kali ini saya khususkan Postingan Cara pasang komentar disqus khusus hanya untuk Platrom Wordpress . Memang saya akui untuk blog Wordpress yang meggunakan masih sedikit ribet cara pemasangannya terutama penginputan arahan pada Wordpress. Namun untuk di Wordpress masih lebih mudah dibandingkan dengan Blogger, alasannya ialah pada Wordpress tersedia Plugin yang mampu diinstal dan dapat membatu kita dalam menerapkan arahan tersebut ke dalam Wordpress dan dapat merubah halaman Wordpress menjadi .

Cara yang saya berikan ini ialah untuk pemasangan komentar Disquss pada Wordpress yang sudah menggunakan plugin dari Automatic, alasannya ialah pada plugin disini tidak menampilkan halaman komentar tetapi menampilkan tombol yang akan mengarahkan ke kolom secara default ke Wordpress yang non arahan .

Namun tidak ada salahnya saya akan menyebarkan isu kepada sahabat bagaimana memasang komentar Disqus pada Wordpress , nah mari kita simak caranya.

Pertama
Bagi sahabat yang sudah menggunakan Wordpress silahkan terlebih dahulu buat halaman Wordpress menjadi , caranya cukup tinggal cari dan ketik "amp" pada kolom pencarian plugin, cari PLUGIN by AUTOMATIC kemudian di instal dan aktifkan plugin tersebut. 

Kedua
Pastikan plugin tersebut sudah aktif kemudian sahabat edit plugin tersebut lalu klik amp/templates/single.php kalau sudah masuk lalu tambahkan arahan dibawah ini
<script async custom-element="amp-iframe" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-iframe-0.1.js"></script>

Kemudian sahabat simpan arahan diatas sempurna dibawah arahan berikut ini
<meta name="viewport" content="width=device-width,initial-scale=1,minimum-scale=1,maximum-scale=1,user-scalable=no">

Kemudian lanjut cari arahan menyerupai arahan dibawah ini
<article class="amp-wp-article">

Silahkan sahabat ganti kodenya dengan arahan dibawah ini
<article id="post-<?php the_ID(); ?>" class="amp-wp-article">

Lanjut silahkan sahabat simpan arahan dibawah ini sempurna persis diatas arahan </footer>
<div class="disqus-box"> <amp-iframe src="https://cdn.rawgit.com/KompiAjaib/kompi-html/master/amphtmldisqus.html?shortname=dbalik&fontBodyFamily=sans-serif&fontLinkColor=e8554e&url=<?php echo get_permalink(); ?>&identifier=post-<?php the_ID(); ?>" frameborder="0" height="321" layout="responsive" resizable="resizable" sandbox="allow-forms allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups" width="808"> <div aria-label="Disqus Comments" overflow="" role="button" tabindex="0"></div> </amp-iframe> </div>

Sobat silahkan ganti arahan dbalik dengan shortname Disqus sahabat punya, jenis aksara sans-sarif digunakan kalau jenis aksara yang ada pada blog sahabat tumpul mampu diganti dengan jenis aksara menyerupai serif biar hurufnya terlihat lancip, kemudian sahabat mampu ganti arahan e8554e dengan arahan warna yang sahabat sukai (Baca juga : Kumpulan kode-kode Warna untuk Blog) untuk warna linknya, setelah itu klik update File.

Ketiga
Posisi sahabat masih tetap di edit plugin lanjut ke langkah berikutnya sahabat klik amp/templates/style.php kemudian sahabat copy arahan CSS berikut lalu simpan, arahan CSS tersebut untuk menghilangkan tombol yang nantinya mengarah ke komentar default Wordpress non dan secara otomatis akan mengatur letak dan tampilannya di komentar Disqus.
.amp-wp-article-footer .amp-wp-meta.amp-wp-comments-link {     display: none; } .disqus-box amp-iframe {     background: none;     margin: 0 8px; }

Jika sudah jangan lupa Klik Updated File

Setiap langkah diatas saran saya sahabat catat atau simpan di notepad untuk berjaga-jaga kalau nanti tidak tampil silahkan sahabat mampu ulangi langkah-langkah tersebut di atas, perhatikan betul dan cermati penempatan kodenya ini juga untuk menjaga jikalau nanti plugin-nya terupdated komentar nya hilang akhir dari updated plugin dan ini sering terjadi pada plugin Wordpress.

Itu saja yang mungkin mampu saya bagikan, kalau ada pertanyaan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini dan dengan senang hati saya akan mencoba menjawabnya meskipun dengan keterbatasan pengetahuan yang saya punya, semoga bermanfaat ya sobat.

Comments