Belajar Cara Mendatangkan Visitor ke Blog dari Google dengan SEO

Belajar Cara Mendatangkan Visitor ke Blog dari Google dengan SEO

Untuk bisa mendatangkan visitor ke Blog dari Google, tentu kita harus paham betul bagaimana membuat blog menjadi SEO Friendly, dan dengan begitu posisi / ranking blog kita di SERP (Search Engine Results Page) bisa berada di urutan teratas, yang pada jadinya akan menghasilkan organic traffic / visitor ke Blog kita.

Namun, masalahnya disini ialah bagaimana cara membuat blog kita menjadi SEO ? itulah yang akan kita bahas di artikel ini.

Secara garis besar, artikel ini akan membahas :

  1. Social Signals
  2. Backlink
  3. Keyword Density
  4. Long Tail Keyword

Oke mungkin eksklusif saja kita masuk pada pembahasan pertama pada artikel Belajar SEO ini.

Social Signals


Social Signals

Seberapa pentingkah / seberapa pengaruhkah dampak Social Signals untuk Meningkatkan SEO Blog ? gambar diatas saya sudah mewakili balasan dari pertanyaan tersebut.

100 Google+ Followers = 14.63%
300 Google+ Votes = 9.44%
70 Facebook Shares & 50 Likes = 6.9%
50 Tweets = 2.88%

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa, Google+ masih memegang pernanan paling penting untuk meningkatkan Social Signals dari suatu Blog. Dalam kasus diats, dilakukan percobaan dengan menambahkan 300 Google+ Vote dan hasilnya bisa meningkatkan peringkat blog di SERP sampai 9.44%.

Backlink


Backlink

Sebagai seorang pemula dalam dunia SEO, tentu siapa saja pasti akan dibuat galau dalam memilih apa jenis backlink yang baik dan berkualitas, pasalnya masih banyak dari para pemain SEO yang belum terlalu paham menyerupai apa Backlink Berkualitas itu ? namun yang terperinci backlink berkualitas pastilah backlink yang berasal dari situs revelan dengan PA / DA tinggi.

Permasalahannya adalah, bagaimana cara mencari situs yang relevan dan memiliki PA / DA tinggi ? mudah saja, kita bisa memanfaatkan Google Dork untuk membantu kita dalam mencari backlink berkualitas, caranya ialah menyerupai ini :

  1. Install Extension Google Chrome: MozBar
  2. Buka Google
  3. Ketikkan site:.edu inurl:blog “keyword” “comment” -”you must be logged in” -”posting closed” -”comment closed”

* ubah “keyword” dengan kata kunci yang relevan dengan artikel Anda

Selanjutnya silahkan Anda berkomentar di salah satu web yang muncul, namun pastikan web yang akan Anda kunjungi tersebut memiliki DA / PA yang tinggi, itulah kenapa saya menganjurkan Anda untuk menginstall MozBar terlebih dahulu, tak lain dan tak bukan, untuk memudahkan Anda dalam memfilter Backlink Berkualitas dan yang kurang Berkualitas dengan cara melihat nilai Authority dari web tersebut.

Keyword Density


Keyword Density

Keyword Densiy (KD) ialah kepadatan kata kunci dari sebuah artikel, atau bisa juga diartikan sebagai persentase dari berapa banyak sebuah keyword diulang. Rumus untuk menghitung keyword density ini sangat sederhana yaitu :

Jumlah Pengulangan Keyword / Jumlah Seluruh Kata x 100 = Keyword Density ( % )

Lantas, keyword denity yang baik untuk SEO itu berada di kisaran berapa ? sejauh yang saya tahu, beberapa artikel yang page one mempunyai 2% - 5%, meskipun ada yang lebih dari% dan tak sedikit pula yang dibawah 2% namun tetap yang terbanyak ialah dikisaran 2% - 3%.

Saya sendiri juga selalu berusaha untuk mempertahankan KD dikisaran tersebut. Karena jikalau lebih dampaknya akan sangat buruk, dan ini terjadi pada salah satu artikel saya, yang awalnya di halaman 2 urutan 1 (sejak januari) namun pada bulan september kemarin tepatnya tanggal atau di ketika Google mengeluarkan Algoritma Terbaru milik mereka yaitu si Panda, artikel tersebut terjun bebas ke halaman 10, dan setelah saya cek, penyebabnya memang dari keyword yang terlalu banyak saya ulang, bahkan Keyword Density-nya mencapai 8% lebih.

Long Tail Keyword


Long Tail Keyword

Long Tail Keyword / LTK merupakan kalimat turunan dari sebuah kata kunci, jadi misal Anda menemukan keyword 'Tutorial SEO' maka kita jikalau kita mencari Long Tail Keyword dari kata kunci Tutorial SEO tersebut, maka akan didapat LTK menyerupai ini :

  • Tutorial SEO Gratis
  • Tutorial SEO Gratis dan Lengkap
  • Tutorial SEO Gratis dan Lengkap untuk Blogspot

Dan begitu seterunya. Intinya Long Tail Keyword merupakan cara yang paling sempurna untuk mendatangkan visitors dari Google.

[ bonus ] Keywords vs Contexts

Contexts SEO
Perlahan tapi pasti Google mulai benar-benar ingin merubah cara mereka dalam meranking sebuah situs, dimana tugas keywords mulai digantikan dengan contexts.

Contexts sendiri jikalau diartikan dalam bahasa indonesia memiliki arti kekerabatan kata-kata. Makara misal kita sedang membidik kata kunci Cara SEO Blog.

Maka cobalah untuk memvariasikan keyword tersebut menjadi sebuah contexts, misalnya :

  • Dalam memaksimalkan SEO Blog, ada banyak Cara yang bisa kita gunakan
  • Belajar Cara membuat Blog menjadi SEO, itu mudah kita hanya perlu

Dan masih banyak lagi lainnya, intinya kita jangan sibuk mengulang kata 'Cara SEO Blog' secara berulang, alasannya ialah justru itu akan berpotensi terkena pinalti Google yaitu Stuffing Keywords.

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa, jikalau kita ingin mendatangkan visitor ke Blog melalui Google, maka cara terbaik ialah dengan menulis artikel untuk Visitor dan bukan untuk Google.

Comments