Selain media umum dan forum, masih banyak media atau daerah lain yang juga bisa digunakan untuk mempromosikan barang yang ingin Anda jual, mirip misalnya :
- Iklan Baris
- Situs Jual Beli Online
- Blog, dan
- Toko Online / Online Shop
Itu untuk medianya, sementara untuk teknik atau cara promosi online ada banyak juga, sebagai referensi yang paling populer dan banyak digunakan para internet marketer untuk menjual produk mereka secara mudah dan cepat yaitu dengan teknik cross selling, yaitu sebuah teknik menjual produk dua sekaligus dengan cara menunjukkan produk lain yang berkaitan dengan produk utama.
Jadi, bisa diambil kesimpulan sementara bahwa tips sukses cara menjual barang secara online yaitu dengan memilih daerah / media promosi yang sempurna dan menggunakan teknik menjual yang sempurna pula.
Dan tentunya kunci sukses menjual barang secara online tidak cukup dengan kedua hal tersebut, dimana kita juga butuh apa yang dinamakan Riset Produk, Riset Persaingan, SEO dan SMO, alasannya tanpa riset, promosi dan meningkatkan secara optimal maka bisnis online kita bisa dibilang tidak akan bisa bersaing dengan para kompetitor.
Namun Anda tak perlu khawatir alasannya di artikel saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara melaksanakan itu semua, mulai dari riset produk & persaingan serta cara SEO & SMO toko online.
Baik, eksklusif saja berikut yaitu tahapan dalam berguru cara menjual barang secara online biar produk yang dijual bisa laris manis dan terjual hingga habis.
Baca Juga
Tips Sukses Bisnis Toko Online
Pelajari diam-diam bagaimana cara mengoptimalkan toko online, baik dari segi Fitur, Tampilan maupun SEO.
Pelajari diam-diam bagaimana cara mengoptimalkan toko online, baik dari segi Fitur, Tampilan maupun SEO.
anda bisa eksklusif membaca tips tahap 2, bila anda sudah memiliki / menentukan barang yang akan dijual.
Tahap 1 : Penentuan Produk
Riset Produk
Ada banyak cara yang bisa kita gunakan, dalam melaksanakan riset barang atau produk, salah satu contohnya yaitu menggunakan perlindungan Tool dari Google. Yap, yang saya maksud yaitu dengan Adwords Keyword Planner, sebuah tool online gratis dari Google yang akan menampilkan jumlah pencarian sebuah kata kunci atau dalam hal ini yaitu produk / barang dalam rentang waktu 1 bulan.
Sederhananya, Adwords Keyword Planner akan membantu kita dalam memilih produk apa yang laris di pasaran, alasannya mirip yang saya kataka diatas, tool ini bisa menampilkan jumlah pencarian suatu produk / barang.
Jika Anda ingin menggunakan Adwords Keyword Planner sebetulnya tidak terlalu susah, alasannya hanya perlu mengunjungi situs Google Adwords, lalu memilih silahkan pilih tool Keyword Planner untuk menggunakannya. Untuk tutorial lebih jelasnya (disertai gambar tahap demi tahap) silahkan pelajari disini Cara Riset Kata Kunci.
Riset Persaingan
Setelah menentukan produk / barang apa yang akan Anda jual, sekarang saatnya mencari tahu berapa jumlah persaingan dari produk yang ingin Anda jual tersebut, fungsinya antara lain yaitu untuk menyiapkan budget untuk marketing, alasannya semakin tinggi persaingan tentu akan semakin besar pula budget yang harus dikeluarkan, baik untuk promosi (SMO) maupun meningkatkan secara optimal (SEO).
Nah, lantas bagaimana cara mencari tahu jumlah persaingan pada sebuah produk ? Lagi-lagi kita akan menggunakan perlindungan Google dan tool yang akan kita gunakan kali ini yaitu Google Search. Untuk langkah-langkahnya kurang lebih mirip ini.
- Buka https://www.google.com
Jika, halaman Google sudah terbuka, selanjutnya masukkan nama / jenis produk yang Anda jual, lalu tambahkan kata jual, jadi formatnya mirip ini 'jual + produk'. Sebagai referensi disini saya menjual meja laptop protable dan ingin mencari tahu jumlah persaingannya, maka di Google saya ketikkan 'jual meja laptop protable'.
- Ubah start=10 menjadi start=990
Untuk mengetahui berapa jumlah persaingan yang sesungguhnya, kita perlu mengubah url pada hasil pencarian Google, alasannya bila dilihat dari hasil pencarian 'About 326,000 results' jumlah tersebut bukanlah jumlah persaingan yang sebenarnya, maka kita perlu mengubah urlnya dari start=10 menjadi 990.
Setelah mengetahui jumlah persaingan, lantas apa yang harus kita lakukan ? tentunya kita harus melaksanakan optimalisasi dari segi SEO maupun SMO, yang nanti akan kita bahas pada tahap 2.
Riset Nama Toko Online
Untuk nama toko online ada dua jenis pilihan nama yang bisa Anda guanakan, yang pertama yaitu menggunakan nama Brand dan yang kedua yaitu EMD (Exact Match Domain). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
EMD memudahkan Anda dalam menerima ranking 1 di Google, namun tidak menyampaikan loyalitas pada pengunjung.
Brand akan mningkatkan loyalitas pengujung, namun kekurangannya akan lebih sulit bersaing di SERP.
Jika Anda seoarang dropshipper atau reseller, maka EMD yaitu pilihan yang tepat, namun bila Anda yaitu seorang pebisnis, pengusaha atau wirausaha yang membuat produk sendiri, maka domain dengan nama Brand yaitu pilihan terbaik untuk nama toko online Anda.
Tahap 2 : Optimalisasi Toko Online
SEO
Saya yakin sebagian dari Anda, khususnya para Blogger atau IMer, tentu sudah sangat paham ihwal apa itu SEO, bukan ? yap, SEO yaitu kependekan dari Search Engine Optimazation atau bila diterjemahkan secara harfiah artinya yaitu Optimalisasi Mesin Pencari, sebuah teknik yang digunakan untuk mencapai ranking 1 di Google.
Jika Toko Online diibaratkan tanaman, maka SEO ini menyerupai pupuk, yang akan menyuburkannya, jadi bisa dibilang Toko Online tanpa SEO itu 90% akan mati (baca: sepi).
Pertanyaannya, bagaimana cara seo toko online ? apakah seo toko online sama dengan cara seo blog pada umumnya ? kalau menurut saya pribadi, ada beberapa perbedaan dari SEO Blog dan SEO Toko Online, bila SEO Blog dikatakan bahwa Content is King, maka untuk SEO Toko Online tidak berlaku mirip itu, alasannya King pada SEO Toko Online yaitu Backlink bukan Content.
Sementara untuk cara menerima backlink, tidak akan saya jelaskan lagi, alasannya Anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya ihwal Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas atau bisa juga Unduh Ebook Belajar SEO Otodidak yang saya bagikan secara gratis beberapa hari yang lalu.
SMO
SMO (Social Media Optimization) yaitu teknik mengoptimalkan media umum untuk menarik pengunjung ke situs kita atau dalam hal ini yaitu web toko online kita. Sebenarnya, SEO & SMO sangat berkaitan erat, artinya SMO secara tidak eksklusif juga bisa meningkatkan SEO, alasannya dalam dunia SEO juga dikenal istilah Social Signal, dan untuk meningkatkan Social Signal diharapkan SMO atau teknik optimalsiasi media sosial.
Jika dilihat dari segi manfaat, selain untuk mendatangkan pengunjung ke toko online kita, SMO juga memiliki fungsi lain, mirip :
- Memudahkan pengenalan produk baru
- Meningkatkan popularitas brand
- Mencari feedback dari konsumen
- Meningkatkan kepercayaan
Saat ini ada 3 situs media umum besar yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan online dan social signal pada SEO, yaitu Facebook, Twitter dan Google+.
Dari ketiga media umum tersebut, saya pribadi lebih sering menggunakan Facebook untuk mempromosikan produk, alasannya sederhana, selain alasannya banyaknya jumlah pengguna Facebook, alasan lain alasannya Facebook seolah benar-benar menyampaikan kemudahan kepada paa penjual online yang ingin menjual barang dagangannya di media umum ini.
Fasilitas yang saya maksud yaitu Facebook Fanpage dan Facebook Store, kabar baiknya, kedua fitur ini bisa Anda dapatkan secara gratis, hanya saja untuk Facebook Store kita memerlukan perlindungan pihak ketiga untuk membuatnya.
Tahap 3 : Mindset
Inovasi dan Kreasi
Tidak selamanya bisnis berjalan lancar adakalanya penjualan menurun, pada titik inilah diharapkan inovasi, baik dari produk (jasa / barang) yang Anda jual, maupun dari segi penjualan atau pemasaran (marketing).
Dalam bisnis ada saatnya kita harus berhenti sejenak untuk melihat celah mana yang harus dilewati.
Stay Foolish And Keep Hungry For Success
Kata ide ini merupakan kunci sukses bisnis dari almarhum Steve Job, yang bila diterjemahkan kurang lebih sebagai berikut 'tetap semangat untuk selalu 'haus' dalam mencapai kesuksesan'. Makna dari kata tersebut sebetulnya mengajarkan kita untuk tidak cepat puas dan jangan sekali-kali merasa hebat, alasannya dari situlah sumber kegagalan.
Terus Mencoba dan Pantang Menyerah
Dalam bisnis kegagalan yaitu hal yang biasa dan wajar, jadikan kegagalan pelajaran yang berharga dan jangan hingga kegagalan membuat Anda berhenti dan menyerah, coba dan coba lagi, hingga kegagalan tersebut lelah untuk datang kembali.
Integritas
Ada satu hal yang bisa meruntuhkan kesuksesa dalam sekejap yaitu Integritas. Jadi, tak heran bila banyak orang yang mengatakan bahwa integritas itu mahal harganya, dan itu benar adanya.
Itulah, Tips Sukses Belajar Cara Menjual Barang Secara Online yang bisa saya baikan kepada Anda, bila disimpulkan maka cara untuk bisa bertahan dalam bisnis atau usaha yaitu dengan memilih produk dan cara promosi yang sempurna serta selalu berusaha membuat inovasi dan menjaga integritas.
Comments