
Mempromosikan bisnis online melalui media umum merupakan salah satu cara termudah dan termurah untuk meningkatkan popularitas brand pada bisnis yang Anda jalankan.
Namun sayangnya masih banyak pebisnis yang belum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan media umum dengan maksimal, hal ini sangat disayangkan, mengingat jumlah pengguna media umum di Indonesia yang begitu besar, bahkan termasuk dalam salah satu negara dengan jumlah pengguna media umum terbanyak di Dunia.

Dari data Global Web Index diatas mampu kita simpulkan bahwa jumlah pengguna media umum di Indonesia merupakan yang terbesar (dengan catatan negara china tidak diikut sertakan dalam survei).
Besarnya jumlah pengguna media umum di Indonesia tentunya dapat menjadi saran promosi terbaik bagi para pebisnis yang ingin meningkatkan omset bisnis online mereka. Melalui artikel inilah saya akan mencoba menunjukkan tips memanfaatkan media umum untuk mempromosikan bisnis yang baik dan benar.
1 Tambahkan Tagar / Hashtag di Tiap Postingan
Hampir di setiap media umum kini sudah dilengkapi dengan fitur tagar atau lebih kita kenal dengan istilah hashtag. Penting bagi Anda mengetahui hal ini, alasannya sebagian besar pengguna media umum akan memanfaatkan fitur hastag untuk mencari banyak sekali hal.
Penggunaan hastag juga ada aturannya, jangan hingga Anda menambahkan hastag yang tidak memiliki kaitan dengan produk / jasa yang Anda tawarkan, alasannya itu hanya akan mengurangi kredibilitas bisnis Anda.
2 Manfaatkan FanPage Sebagai Sarana Promosi Bisnis di Facebook
Facebook page atau fanpage facebook merupakan sarana yang disediakan oleh Facebook bagi para pemilik bisnis. Hal ini mampu dilihat dari banyak sekali fitur yang ada di fanpage ibarat :
- Auto Scedule (menjadwalkan post)
- Pinning a Post (menyematkan post)
- Check in (fitur mendaftarkan diri)
- Rating (fitur menunjukkan penilaian)
Dan masih banyak fitur lain, intinya facebook fanpage memang disediakan untuk para pebisnis, jadi manfaatkan fitur tersebut secara maksimal.
Melihat begitu banyak fitur yang terdapat pada fanpage facebook, tentunya akan membuat siapa saja tertarik untuk membuat fanpage di Facebook. Dan bagi Anda yang belum tahu atau masih gundah bagaimana cara membuatnya, silahkan pelajari artikelnya disini Cara Membuat Facebook Fanpage.
3 Pertimbangkan Untuk Membuat Akun LinkedIn
LinkedIn mungkin tidak sepopuler media umum lain ibarat Twitter atau Facebook, alasannya konten dari LinkedIn lebih diperuntukan untuk bisnis, baik itu perorangan maupun perusahaan.
Dengan membuat akun di LinkedIn, secara tidak eksklusif akan mencerminkan bahwa bisnis yang Anda jalankan bukanlah bisnis main-main, jadi orang tak akan segan untuk memulai bisnis dengan Anda.
Jika Anda tertarik utnuk berguru cara membuat akun di LinkedIn, silahkan baca tutorial lengkapnya disini .
4 Gunakan YouTube Sebagai Media Promosi Yang Menarik
Cara paling mudah menerima atensi para calon pelangga yaitu dengan cara membuat konten yang menarik dan video merupakan salah satu pola media yang cukup interktif, alasannya kita mampu menggabungkan teks, audio serta visual.
Selanjutnya, video yang telah dibuat mampu Anda upload di banyak sekali situs media sosial, baik itu Facebook, Twitter maupun YouTube, namun tentu saja saya sangat menyarankan untuk menguploadnya ke YouTube terlebih dahulu dna barulah membagikannya di Facebook / Twitter.
Untuk Anda yang belum begitu familiar dengan YouTube, berikut saya berikan penjelasan singkat bagaimana cara mengupload video ke YouTube.
- Buka https://www.youtube.com/
- Login ke akun YouTube Anda (buat akun YouTube)
- Cari dan klik tombol Upload
- Pilih file video yang akan di upload
Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hingga file terupload 100%, sembari menunggu Anda mampu mengisi deskripsi atau menambahkan tag yang berkaitan dengan video yang Anda upload.
5 Tingkatkan Visibilitas Bisnis Anda Dengan Twitter
Bagi Anda yang sudah paham betul bagaimana cara menggunakan twitter pastilah mengetahui bahwa aktifitas yang dilakukan oleh pengguna twitter (entah itu retweet ataupun melaksanakan reply) akan terlihat pada timeline atau dengan kata lain akan terlihat secara publik.
Dari aktifitas itulah mampu disimpulkan bahwa Twitter memiliki tugas besar dalam meningkatkan visibilitas bisnis online Anda, jadi usahakan untuk menuliskan segala acara pada bisnis Anda ibarat promosi produk, kuis dan diskon melalaui twitter biar diretweet oleh para pengguna twitter dan jikalau belum punya akun twitter silahkan baca cara membuat Twitter.
6 Maksimalkan Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan Fast Response
Kecepatan dalam membalas setiap pertanyaan yang masuk akan menjadi nilai tambah tersendiri. Kaprikornus pastikan Anda selalu siap, alasannya pertanyaan maupun komplain dari pelanggan mampu datang kapan saja mengingat mudahnya mereka dalam mengirim pesan melalui internet.
Memiliki pelayanan yang cepat juga akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Namun juga harus diimbangi dengan pelayanan yang ramah dikala berkomunikasi dengan pelanggan, hal ini penting untuk menerima loyalitas dari pelanggan.
7 Analisa Jangkauan Untuk Mengukur Tingkat Keberhasilan
Untuk mengukur tingkat keberhasilan promosi yang dilakukan, kita mampu menggunakan analytic atau bagi pengguna facebook mungkin Anda sudah tidak absurd dengan fitur page insight, ya fitur ini sangat bermanfaat alasannya berisi informasi akurat mengenai demografi para calon pelanggan.
Cara cenggunakan page insight di Facebook tidaklah susah, alasannya fitur ini akan terpasang secara otomatis, jadi kita tidak perlu melaksanakan settingan apapun dan untuk melihatnya cukup klik pada tab Insight yang ada pada menu Fanpage.
Sistem pemasaran online dengan menggunakan situs jejaring sosial sebagai media promosi online memiliki tidak selamanya bekerja secara efektif, dimana ibarat kita tahu bahwa kunci sukes bisnis tergantung dari cara memasarkan produk serta bagaimana inovasi Anda dalam menyebarkan bisnis tersebut.
Comments