Cara Promosi Online Yang Efektif dan Efisien

Cara Promosi OnlineTeknik atau cara melaksanakan promosi online sebetulnya tidak jauh berbeda dengan cara promosi produk secara offline, dimana pada intinya kita sama-sama berusaha untuk membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kita jual. Tapi tentunya tetap ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di promosi offline, namun tidak bisa dilakuakn di promosi online, menyerupai permainan verbal wajah atau tatapan mata, jadi dalam promosi online memang membutuhkan trik khusus. Apa saja trik-trik promosi online tersebut ? silahkan Anda simak ulasannya dibawah ini.

Sebelumnya saya ingin membahas dulu pengertian wacana apa itu Cara Promosi Online Efektif dan Efisien :

  • Efektif ialah Ampuh (terbukti)
  • Efisien ialah Tepat (tidak mubadzir)

Kaprikornus keenam Cara Promosi Online dibawah ini sudah terbukti dan juga bisa dipastikan sempurna sasaran alias tidak akan membuang waktu Anda secara percuma.

Baca Juga
Cara Bisnis OnlineCara Bisnis Online

Artikel ini berisi informasi wacana bagaimana cara saya dalam memulai bisnis online tanpa modal, sangat cocok untuk Anda yang masih pemula sekalipun.

Cara Promosi Online


Gambaran singkat untuk Anda, ada 6 Cara Promosi Online yang akan saya bagikan di artikel ini, dari mulai menerima kepercayaan dari consumer, hingga cara melaksanakan closing yang tepat. Daripada penasaran, pribadi saja Anda simak keenam cara promosi online berikut ini.

1. Membangun Kepercayaan


Sebelum melaksanakan promosi online, maka ada baiknya Anda melaksanakan pendekatan terlebih dahulu, hal ini memiliki kegunaan untuk menerima kepercayaan dari calon pembeli, dan kalau Anda berhasil menerima kepercayaan, maka Anda bisa jauh lebih mudah dalam menjual barang / jasa, alasannya ialah pembeli sudah yakin 100%.

Cara menerima kepercayaan pada calon konsumen sejatinya bukanlah pekerjaan yang mudah, alasannya ialah memang dibtuhkan proses dan waktu sebentar, dan tips menerima kepercayaan konsumen dibawah ini mungkin bisa membantu Anda.

  • Bangun Komunikasi Yang Baik
  • Berikan Bukti Nyata
  • Pastikan Produk Anda Berkualitas

Jika Anda berhasil menerapkan ketiga hal diatas kepada konsumen, maka dalam waktu erat bisa dipastikan Anda akan menerima kepercayaan penuh dari konsumen.

2. Memberikan Solusi


Produk / Jasa yang Anda tawarkan haruslah menyampaikan solusi, bukan malah menambah masalah. Misalnya kalau Anda bergerak di bidang 'makanan kucing' maka dalam melaksanakan promosi, maka Anda wajib menyertakan deskripsi wacana produk Anda tersebut, dan disertai fungsi atau manfaat yang akan didapat oleh konsumen kalau membeli produk Anda.

Selain itu terkadang Anda juga akan menemui pelanggan yang menganggap penawaran Anda terlalu mahal, maka solusinya ialah katakan kepada calon konsumen tersebut bahwa harga menentukan kualitas, intinya berikan solusi bukan polusi.

3. Mengutamakan Kualitas


Sudah menjadi belakang layar umum bila kualitas jauh lebih baik ketimbang kuantitas, alasannya ialah akan jauh lebih baik memiliki 1 konten viral yang disukai oleh target / audience Anda, daripada memiliki 1000 konten namun tidak ada yang menyukainya.

Konten yang berkualitas bisa dipastikan akan membuat produk Anda menjadi viral yang pada jadinya akan dibaca, dibagi dan dibicarakan oleh banyak. Hal ini terang lebih baik daripada 1000 konten yang hanya dibaca saja.

Untuk membuat konten promosi online yang berkualitas caranya cukup mudah, Anda hanya perlu :

  • Dengarkan apa yang dimau konsumen
  • Berikan nilai tambah pada produk tersebut
  • Fokus

Dengan memperhatikan ketiga hal diatas, akan membuat konten promosi online yang Anda lakukan menjadi lebih terarah dan pastinya akan jauh lebih berkualitas.

4. Menggunakan Teknik Funneling


Dalam promosi online kita juga harus menggunakan teknik khusus untuk menarik minat para pembeli, salah satunya ialah menggunakan Teknik Funneling, yaitu sebuah teknik menjual dengan harga murah terlebih dahulu dan perlahan menaikkannya.

Hal ini sangat ampuh untuk menerima kepercayaan dari konsumen dan juga sekaligus menjadi teknik paling indah untuk meningkatkan popularitas dari produk / jasa yang Anda jual alasannya ialah dengan menunjukkan harga murah, maka akan memancing rasa penasaran masyarakat.

5. Menggunakan Trik Cross Selling


Dibilang trik cross selling alasannya ialah dalam teknik ini kita akan menunjukkan barang secara silang. Kaprikornus model dari promosi online ini menyerupai saling promosi, sebagai teladan Anda menjual Laptop, maka trik cross selling yang sempurna ialah dengan menunjukkan pula Mouse / Screen Protector.

Yang perlu dicatat dalam menggunakan trik promosi online cross selling ialah jangan hingga Anda menunjukkan barang yang salah / tidak nyambung. Misalnya tadi Anda jual Laptop lalu menggunakan trik cross selling untuk menunjukkan helm. Contoh pengimplementasikan trik yang salah.

6. Menggunakan Teknik Closing


Teknik yang terakhir dan sekaligus menjadi cara promosi online yang terampuh ialah dengan menggunakan teknik Closing, tujuan teknik ialah untuk membuat pelanggan atau lebih tepatnya calon pelanggan, masuk ke dalam zona 'URGENT' / zona 'GENTING' semoga segera membeli produk Anda.

Contoh pengimplementasikan teknik closing :

Kaprikornus gimana pak, mau beli kendaraan beroda empat x, kendaraan beroda empat y atau mobil-mobilan ? alasannya ialah promo ini hanya untuk 5 pelanggan pertama kami pak ?

Nah, dengan begini seoalng-olah calon pelanggan dituntut untuk segera membuat keputusan ya atau tidak, tapi kemungkinan besar akan menjawab 'iya'.

Media Promosi Online


Selain menggunakan trik promosi online, pemilihan media / kawasan yang sempurna juga sangat kuat pada sukses / tidaknya promosi onlin yang Anda lakukan. Kaprikornus selain menggunakan trik, memilih kawasan juga merupakan salah satu aspek terpenting untuk mensukseskan acara promosi online.

Pertanyaanya ialah dimanakah kawasan promosi online yang terbaik ?

1. Media Sosial


Sudah tidak bisa diragukan lagi, bahwa media umum (terutama facebook) merupakan media yang paling sempurna kita gunakan untuk mempromosikan produk. Karena dari muda - tua, kaya - kurang mampu, tampan - kurang tampan ada di Facebook, dengan kata lain apapun pasar Anda bisa ditemui di Facbook. Namun, dalam ber-promosi di Facebook juga ada adat promosi yang harus dijaga, menyerupai jangan spam dan juga jangan asal tag.

2. Online Shop


Tempat promosi online terbaik kedua ialah Online Shop. Disini kita bisa lebih leluasa, dalam artian kita bebas memasang produk sebanyak-banyaknya, dan untuk alasan kenapa saya menempatkan online shop diurutan kedua atau berada di bawah media sosial, diantaranya ialah alasannya ialah soal biaya, tak bisa dipungkiri untuk membuat sebuah toko online tidaklah murah.

Menggunakan Online Shop juga disebut-sebut sebagai salah satu cara promosi online yang paling efektif dan efisien. Efektif alasannya ialah bisa dipastikan pengunjung yang datang akan tertarget sesuai dengan produk / barang yang kita jual dan Efisien alasannya ialah kita tidak perlu capek-capek promosi berkeliling menyerupai di Facebook.

3. Iklan Baris Online


Memasarkan produk atau mempromosikan produk dengan memanfaatkan situs iklan baris online juga bisa menjadi alternatif lain untuk Anda yang ingin pelanggan dengan cepat, alasannya ialah rata-rata situs iklan baris online dikunjungi oleh lebih dari jutaan orang per hari. Kaprikornus peluang iklan kita dibaca orang akan jauh lebih besar.

Jika galau memilih situs pasang iklan online mana yang terbaik, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Daftar Lengkap Harga Pasang Iklan Baris Murah di Indonesia.

4. Instant Mesagging


BBM, WeChat, Line, Kakotalk dan Instagram merupakan lima dari ratusan aplikasi instant mesaaging terbaik yang bisa Anda gunakan untuk promosi online secara gratis. Alasan kenapa menggunakan Instant Mesaaging ialah alasannya ialah promosi yang Anda lakukan bisa bersifat private artinya akan meningkatkan peluang terjadinya Closing.

Kata Kata Untuk Promosi Online


Berikut ialah beberapa kata yang bisa membantu untuk mempermulus pemasaran online yang Anda lakukan semoga terjadi closing.

1. Gratis


Semua orang pasti menyukai hal yang berbau gratis.

Contoh kalimat promosi  : 'Beli 1 gratis satu, beli dua gratis dua, tidak beli juga tidak apa-apa'

2. Jaminan


Saat membeli produk, tentu semua orang ingin menerima produk yang berkualitas dan terbukti.

Contoh kalimat promosi : 'Beli ebook SEO ini, dijamin Anda akan menerima ranking 1 di kelas Google'

3. Mudah


Tiap orang tentu ingin hidup mudah, untuk itu tawarkan produk yang bisa mempermudah hidup mereka.

Contoh kalimat promosi : 'Dengan membeli software pencetak uang ini, Anda bisa mencari uang dengan mudah'

Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa ada berbagai media yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan online salah empatnya dengan menggunakan media promosi online yang saya sebutkan diatas, alasannya ialah cara promosi online tersebut selain efektif dan efisien juga bisa Anda lakukan secara gratis.

Comments