Cara Menggunakan Microsoft Excel (Rumus Lengkap !)

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap

Saya yakin sebagian dari Anda pernah menggunakan Ms. Office Excel bukan ? tapi saya yakin juga tidak semua dari Anda mengetahui bagaimana cara menggunakannya, dan itu wajar saja, alasannya untuk para pemula (seperti saya dulu) seringkali mengalami kesulitan dala menghafal rumus excel yang ada, dikarenakan memang ada aneka macam rumus yang terdapat di Microsoft Excel.

Namun di artikel kali ini kita tidak akan membahas seluruh rumus di Microsoft Excel melainkan hanya sebagian saja, atau hanya yang dasar dan penting saja. Dan nanti kalau sudah andal rumus dasar Excel ibarat penjumlahan dan seterusnya, maka kita bisa melanjutkan berguru microsoft excel ke tahap berikutnya (tingkat menengah).

Baik kita kembali ke topik, lantas bagaiamana cara menggunakan Microsoft Excel yang paling mudah ? kunci kalau ingin andal dalam menggunakan atau mengoperasikan Microsoft Excel ada pada kemampuan kita menguasai rumus yang ada, jadi semakin kita tahu banyak rumus Excel maka semakin andal pula kita dalam mengguanakan software Microsoft Excel tersebut.

Makara disini kita akan berguru rumus dan juga fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel :

Rumus Excel 1 ( penjumlahan / pengurangan / pembagian / perkalian )


Di tahap pertama (awal) ini kita akan berguru rumus dasar Excel yaitu mengenai penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Agar lebih mudah dalam memahami rumus dasar Microsoft Excel ini, saya akan menunjukkan referensi yang bisa eksklusif Anda coba / praktekkan.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 1

Pada percobaan kali ini, kita akan melaksanakan menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada kolom E, F, G, H. Makara rumus Excel yang akan kita gunakan nantinya yaitu ibarat ini :

  • Rumus Penjumlahan yaitu =C5 + D5 (ketik pada cel E5)
  • Rumus Pengurangan yaitu =C5 - D5 (ketik pada cel F5)
  • Rumus Perkalian yaitu =C5 * D5 (ketik pada cel G5)
  • Rumus Pembagian yaitu =C5 * D5 (ketik pada cel H5)

Jika Anda memasukkan rumus dengan benar, maka hasil yang didapat juga akan benar, contohnya ibarat gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 2

Ada tips / trik Microsoft Excel yang patut untuk Anda ketahui, dimana kita tidak perlu mengetikkan satu per satu rumus pada setiap cel, yaitu dengan cara men-drag kotak berwarna hitam ke arah bawah (vertikal) atau ke arah samping (horisontal). Lebih jelasnya silahkan perhatikan screenshot dibawah ini.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 3Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 4Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 5

Rumus Excel 2 ( sum / average / max / min / count )


Rumus Excel yang kedua ini sesungguhnya sudah bisa Anda pahami dari namanya saja bukan ? alasannya memang pada dasarnya rumus di Excel hampir semuanya mengunaan bahasa inggris jadi tidak susah untuk menghafal / memahaminya. Namun, saya tetap akan menjelaskan kelima fungsi rumus tersebut.

  • SUM : rumus excel untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  • AVERAGE : rumus excel untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  • MAX : rumus excel untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  • MIN : rumus excel untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  • COUNT : rumus excel untuk mencari banyaknya data dari satu range

Agar lebih terang ada baiknya kita eksklusif masuk ke dalam referensi saja. Agar rumus lebih komplit dan nyambung, maka kita akan menggunakan data pada Rumus Excel 1.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 6

Yang akan kita lakukan disini yaitu menjumlahkan, mencari rata-rata, mencari nilai tertinggi, mencari nilai terendah dan menghitung banyaknya data secara masal dari cel E5 hingga E9.

  • Rumus SUM : di sel E10 ketik =SUM(E5:E9)
  • Rumus AVERAGE : di sel E11 ketik =AVERAGE(E5:E9)
  • Rumus MAX : di sel E12 ketik =MAX(E5:E9)
  • Rumus MIN : di sel E13 ketik =MIN(E5:E9)
  • Rumus COUNT : di sel E14 ketik =COUNT(E5:E9)

Setelah Anda memasukkan rumus diatas, maka hasil yang akan didapat akan ibarat ini. Jika mungkin terjadi error silahkan cek kembali apakah rumus yang Anda masukkan sudah benar atau belum.

Cara Menggunakan Microsoft Excel Rumus Lengkap - 7

Catatan Penting : Setelah memasukkan rumus klik Enter, dan jangan klik cel, alasannya hal tersebut dapat merubah rumus yang Anda tulis

Sementara itu dullu rumus dasar Microsoft Excel dan kedepan kalau ada sempat akan saya usahakan untuk mengupdatenya semoga rumus-rumus Microsoft Excel diatas menjadi lebih lengkap.

Seperti yang saya katakan diatas, kunci atau Cara Mudah Menggunakan Microsoft Excel yaitu ada pada bagaimana Anda menguasai rumus, maka saya sarankan Anda untuk terus berguru dan memahami rumus-rumus Excel, dan selain menghafal Anda juga harus paham bagaimana prosesnya, jadi nantinya Anda bisa menyebarkan rumus-rumus yang ada, dan tidak hanya sekedar hafalan semata.

Comments