Cara Membedakan Software Windows Asli dan Bajakan

Perkembangan di dunia digital belakangan ini sangat luar biasa peningkatannya, seiring dengan tingkat kebutuhan dari masyarakat di dunia, khususnya perkembangan teknologi pada komputer, sedikit mengulas sejarah pertama kali komputer diciptakan hanya khusus untuk dunia Militer, pada ketika itu sedang terjadi kala Perang Dunia. Komputer pertama kali berjulukan Eniac dengan bobot berat 30 ton, Panjang 30 meter dan Tinggi 2,4 meter, Wah kebayangkan sahabat bagaimana bentuknya. Namun seiring dengan perkembangan jaman Improvisasi dan Inovasi terus dilakukan hingga sekarang ini dan terciptalah komputer yang sekarang ini sehari-hari kita gunakan yang bobotnya saja bahkan tidak hingga 10 kg bahkan dengar-dengar sedang dikembangkan komputer yang mampu masuk kantong celana saja namun penggunaannya sama menyerupai biasa.

Cara Membedakan Software Windows Asli dan Bajakan
Komputer itu ada 2 faktor pendukung sehingga kita mampu menggunakannya, faktor pendukung itu ialah Software dan Hardware. Dua pendukung tersebut wajib ada dan perannya sangat penting. Untuk Artikel kali ini yang akan kita kupas ialah Software atau Perangkat Lunak.
Software pendukung komputer ini yang saya tahu dan paling banyak di gunakan ialah software dari Perusahaan Microsoft dan Perusahaan Apple, ke dua perusahaan tersebut yang paling banyak digunakan oleh kita sehari-hari. Terutama Microsoft, menyerupai yang sudah kita ketahui bersama Produk Microsoft banyak jenisnya dari Mulai Windows, MS Office dan sebagainya, Perkembangan Windows dan MS Office pun selalu updated dan terakhir Windows 10 dan MS Office 2016.

Namun tahukah sahabat bagaimana Cara Membedakan Software Windows Asli dan Bajakan ? Sebagai orang awan mungkin kita tidak menyadari ternyata windows yang sekarang ini kita pakai ialah bajakan atau tidak orisinil, mungkin sebab ketika beli komputer sudah terdapat dan terinstal Windows didalamnya. Lalu bagaimana Cara Membedakan Sofware Windows Asli dan Bajakan, nah caranya tolong-menolong gampang untuk yang hanya ingin beli Software windows saja perhatikan berikut,
  1. Lihat fisik tampilan Cover nya Foto copy atau hanya hasil scan dan menggunakan materi apa, klo asli biasanya menggunakan cetakan digital dan berbahan bagus, tidak menggunakan materi kertas biasa apalagi foto copy itu sudah dipastikan Bajakan.
  2. Terdapat stiker hologram Microsoft pada segel dus
  3. Terdapat arahan barcode produk jenis dan serinya yang sahabat mampu cek eksklusif di web microsoft
  4. Didalam kardus Cakram potongan CD di kemas dalam kotak CD plastik yang terdapat Produk Key dari CD tersebut yang nantinya akan digunakan ketika pendaftaran lisensi dari software Windows yang sahabat beli. 
  5. Di dalam box CD tersebut terdapat buku panduan manualnya
  6. Masih di dalam BOX CD tentunya ada Cakram CD Windowsnya dengan ciri terdapat cetakan asli di atas CD nya Microsoft dan Jenis Versinya, Di sepanjang samping CD tercetak Hologram tanda panah dan Tulisan hologram Microsoft.
Itu dari segi fisik tampilan CD Originalnya, lalu bagaimana kalau kita sudah terlanjur beli komputer yang didalamnya sudah terdapat Windowsnya, ini asli atau bukan, memang agak sulit mendeteksinya namun sahabat mampu lakukan langkah pengecekan sebagai berikut :
  1. Klik menu start -  arahkan cursor mouse ke menu Computer lalu klik kanan pilih properties
  2. Sobat akan masuk ke tampilan informasi mengenai komputer sahabat nah untuk mengetahui software Asli atau bajakan sahabat lihat di bawah akan ada Tulisan Windows Acktivation dan dibawah goresan pena terdapat angka-angka kalau asli akan ada keterangan Windows Aktif dan disebelah kanannya terdapat Logo Microsoft Genuine
  3. Langkah lain sahabat coba updated windowsnya dengan cara klik menu start -  arahkan cursor mouse ke menu Computer lalu klik kanan pilih properties
  4.  Sobat akan masuk ke tampilan informasi mengenai komputer lalu arahkan cursor mouse sedikit kebawah lihat sebelah kiri ada menu Windows Updated sahabat klik
  5. Kemudian Pilih Menu Change Setting lalu ceklis semua lalu pilih Automated updated kemudian ok dan jalankan updated windowsnya
Jika Windows yang sahabat pakai Bajakan atau lisensinya tidak sesuai maka secara otomatis Microsoft akan mendeteksi komputer sahabat dan memberitahukan sahabat bahwa Windows yang dipakai ialah bajakan dan Microsoft secara otomatis akan mengaktifkan tanda logo di pojok kanan bawah tampilan komputer dengan keterangan Victim Software not Genuine.

Penggunaan Software asli sangat disarankan untuk terus mendapat perlindungan updated windows dan pastinya selalu terjaga keamanan komputer kita dari serangan Malware atau virus yang belakangan ini sangat berbahaya bagi komputer. Hal ini juga sudah tertuang dan diatur dalam UUD ITE Pasal 30 Undang-Undang ITE Tahun 2008 ayat 3.

Bagaimana sahabat mari kita dukung pemerintah melawan pembajakan Software yang memang sangat marak, fenomena itu memang plus minus terjadi di kita, namun saya pribadi sangat menyarankan penggunaan Software Windows yang Orosinil sebab sangat penting bagi kesehatan komputer kita.

Comments