Cara Edit Templated Blog Amp

 Blog
Sekarang ini sudah banyak blog yang sudah menerapkan Templated amp, apalagi amp sudah sangat disarankan penggunaannya oleh mesin pencari atau search engine. Raksasa internet Google khususnya sebagai pencetus penerapan teknologi amp pada website atau blog sangat menyarankan pengunaannya. Namun masih banyak para Blogger yang masih galau dalam penerapannya, termasuk blog aku ini sudah menggunakan amp namun masih banyak errornya, alasannya ialah pada arahan htmlnya masih banyak yang harus di sesuaikan secara manual yang membuat lumayan pusing dan mumet juga harus mengeditnya satu persatu.

Namun hal ini tidak membuat aku menyerah, alhamdulillah setelah tanya sana sini ke para pakar aku menemukan solusi Cara Edit Templated Blog Amp yang masih error. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, penerapan amp ini memang difokuskan bagi pengguna mobile atau smart phone, mirip pembahasan aku sebelumnya.


Untuk Sobat yang sudah mencoba penerapan di blog barunya tentu tidak akan mengalami kendala alasannya ialah secara otomatis ketika posting sudah valid HTMLnya, akan terjadi dilema jikalau sebelumnya kita menggunakan templated yang belum , sudah di pastikan akan banyak terjadi error, apalagi jikalau postingannya sudah berbagai tentu hal ini akan sangat merepotkan dan pastinya membuat kepala pusing alasannya ialah akan mengedit secara manual satu persatu arahan scriptnya biar valid . Tidak ada cara lain jikalau ingin tetap mengunakan templated Blog yang memang harus mengedit semua postingannya satu persatu.

Ada banyak pertanyaan dari teman-teman Blogger, kenapa harus mengeditnya ? toh itu juga bukan menjadi hal yang mutlak penilaian search engine. Kaprikornus begini Sobat memang benar SEO web atau blog atau Valid bukan faktor penentu sebuah blog indah dimata search engine, gambarannya ialah mirip ini mirip kita naik motor Ninja terbaru tapi dibawanya cuma kecepatan 20 km/jam jadi hanya menang gaya saja tapi kecepatan tidak dimaksimalkan.

Apalagi google pun sudah menyarankan untuk Blog yang sudah menerapkan ini hukumnya wajib harus Valid alasannya ialah pada tampilan mobile akan diberi tanda petir sebagai tanda bahwa blog tersebut sudah valid nah kalau sudah mirip itu Google pun senang dan secara otomatis akan sangat disukai oleh Search engine terutama Google.

Nah sekarang timbul lagi pertanyaan, bagaimana caranya kita yang sudah terlanjur ganti templated amp dan bagaimana caranya membuat valid amp pada blog kita, sesuai dengan judul postingan aku diatas, disini akan aku coba bahas penerapannya Cara Edit Templated Blog Amp, berikut pembahasannya.

Pastikan sobat sudah masuk ke Edit HTML pada blognya, lalu lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah Pertama
Sobat coba buat semacam kamus edit postingan di notepad tujuan biar memudahkan kita untuk mengingat kode-kodenya ketika mengcopy, misalnya mirip arahan yang dibutuhkan <nonscript> untuk arahan thumbnail, amp-iframe, amp-img, amp-youtube dan sejenisnya yang nantinya akan dibutuhkan dalam postingan blog sobat.

Untuk memudahkan sobat berikut link rujukan kode-kode amp, silahkan sobat kunjungi
https://www.ampproject.org/docs/reference/components


Langkah Ke Dua
Langkah ini mulai membuat kita repot dan pastinya pusing jikalau tidak terbiasa dengan arahan script amp alasannya ialah kita harus memvalidasi postingan yang ada pada blog kita. Karena akan banyak arahan mirip css style inline yang ada pada tag div misalnya <div style="text-align: justify;"> dan banyak lagi. Langkah ini mirip yang aku sampaikan diatas akan cukup banyak menguras otak dan tenaga ditambah lagi pusing jikalau terdapt error, jadi harus fokus dan telaten alasannya ialah harus mengedit satu persatu arahan <div style="text-align: justify;"> menjadi <div> hanya dalam sekali klik saja. 

Ada dilema yang timbul alasannya ialah di editor post pada blogger tidak ada alat atau fitur search and replace, saya menyarankan biar sobat ketika mengeditnya menggunakan browser Google Chrome lalu sobat instal extensi search and replace tujuannya nanti lebih memudahkan kita untuk mengganti kode-kode <div style="text-align: justify;"> menjadi <div> hanya dalam sekali klik saja.

Untuk menginstal extensi search and replace cukup mudah silahkan sobat buka browser Google Chrome lalu instal extensinya nanti setelah diinstal otomatis akan muncul dipojok kanan atas browser chrome sobat.


templated
Google Chrome Extension


Setelah terinstal silahkan sobat input arahan yang akan dirubah di kotak Search for dan untuk arahan penggantinya ada di kotak Replace With setelah tamat centang Match Case? lalu input fields only kemudian klik Replace All.

Baiklah sobat mungkin ini saja postingan aku semoga bermanfaat aku pun juga masih banyak mempelajari namun tidak ada salahnya kita salaing menyebarkan pengetahuan biar tidak ketinggalan dan selalu updated perkembangan khususnya Teknologi Blogger. Terima kasih sudah berkunjung jikalau ada yang ingin menambahkan dan menyebarkan pengalamannya seputar Artikel ini dapat mengisi kolom komentar dibawah ini

Comments