Persiapan untuk memulai usaha bisa dibilang cukup sederhana, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan inspirasi bisnis serta dana untuk memulai usaha dan jikalau kedua hal tersebut sudah terpenuhi, maka bisnis pun sudah siap untuk dijalankan.
Memang terlihat sederhana, namun jikalau Anda mengharapkan usaha yang Anda jalankan bisa sukses dan berkembang, maka masih ada beberapa poin lain yang juga harus Anda persiapkan sebelum memulai usaha, kabar baiknya di artikel ini saya akan mengembangkan informasinya kepada Anda.
1. Cari Bidang Usaha Yang Potensial dan Prospektif
Mencari inspirasi usaha ialah langkah awal dan sekaligus menjadi poin terpenting sebelum memulai usaha, karena pada tahap inilah prospek bisnis Anda akan ditentukan.
Dalam memilih bidang usaha, setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu dari segi Permintaan, Persaingan dan Prospek.
Jika bidang usaha yang Anda pilih mempunyai indikator kasatmata dari ketiga hal diatas, maka bisa saya katakan bahwa usaha yang Anda jalankan merupakan bidang usaha sempurna karena termasuk dalam bisnis prospektif dan potensial.
2. Buat Pembukuan / Catatan Keuangan
Untuk menjaga perputaran uang dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih transparan serta jelas, maka dibutuhkanlah pembukuan mengenai catatan keuangan.
Bisnis skala kecil atau biasa disebut Bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) mungkin masih bisa ditangani oleh Anda sendiri, namun jikalau bisnis tersebut sudah cukup besar dan Anda merasa sudah tidak dapat menanganinya-nya, maka itu artinya Anda membutuhkan tugas jasa akuntan.
3. Persiapkan Nama Merk
Merk (brand) merupakan identitas produk, itu sebabnya merk yang akan Anda pilih setidaknya harus bisa mereprentasikan brand pada bisnis yang Anda jalankan.
Nama, desain logo, serta pemilihan warna sebaiknya juga benar-benar Anda perhatikan. Nama merk yang dipilih pastikan memiliki arti atau makna, desain logo sebaiknya tidak perlu terlalu ribet semoga mudah diingat dan dalam pemilihan warna usahakan tidak memilih warna yang mencolok.
Baca juga : Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
4. Temukan Target Pasar
Menemukan target pasar penting dilakukan untuk membantu mensukseskan proses pemasaran, karena tanpa adanya market yang jelas, maka bisa dipastikan proses pemasaran tidak akan berjalan dengan maksimal.
Target pasar juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, sederhananya jikalau target pasar pada usaha Anda ialah anak kecil maka cara promosinya pun bisa dipastikan akan berbeda dibanding mereka yang memiliki usaha dengan target pasar remaja / orang dewasa.
Baca juga : Ide Wirausaha Untuk Mahasiswa Muda
5. Maksimalkan Koneksi Yang Anda Miliki
Hal ini penting dilakukan, tujuannya untuk meningkatkan korelasi. Karena bisnis yang besar ialah bisnis yang dijalankan oleh banyak orang bukan perorangan.
Makara sebelum memulai usaha, tidak ada salahnya untuk mencari koneksi sebanyak-banyaknya serta membangun kerjasama usaha dengan para wirausaha sukses semoga nantinya usaha yang Anda jalankan bisa berkembang dengan pesat serta mengurangi resiko kegagalan dalam berwirausaha.
Semakin besar koneksi yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang untuk mencapai kesuksesan, itu sebanya koneksi disebut sebagai kunci kesukesan dalam berbisnis.
6. Menentukan Lokasi Bisnis Yang Strategis
Diawal artikel saya meminta Anda untuk menemukan target pasar, hal tersebut bertujuan untuk membantu dalam menemukan lokasi bisnis, karena pada dasarnya lokasi bisnis yang taktik ialah yang berlokasi di sekitar / berdekatan dengan target pasar.
Selain itu, lokasi bisnis yang Anda pilih sebaiknya memiliki jalan masuk yang mudah dan usahakan berada pada lokasi yang mudah terlihat dan sering dilalui oleh transportasi umum.
Baca juga : Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan
7. Pikirkan Tentang Strategi Pemasaran Yang Efektif dan Efisien
Hal yang tak kalah wajib untuk Anda perhatikan sebelum memulai usaha ialah penentuan taktik pemasaran. Jika diatas saya katakan bahwa memilih jenis usaha merupakan dasar dari bisnis, maka pemasaran merupakan ujung tombak dari bisnis.
Memikirkan taktik pemasaran yang sempurna merupakan persiapan yang wajib dilakukan sebelum memulai usaha, karena fase inilah yang akan menjadi penentu apakah produk yang nantinya Anda tawarkan akan terjual / tidak.
Bicara mengenai taktik pemasaran bergotong-royong sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, jadi sepertinya tidak perlu saya bahas panjangan lebar disini, jikalau Anda tertarik untuk mempelajari taktik pemasaran yang efektif silahkan pelajari melalui artikel berikut ini cara promosi yang efektif dan efisien.
Strategi pemasaran online juga sebaiknya Anda pertimbangkan, karena potensi pembeli bisa ribuan kali lebih besar dibanding promosi offline. Selain itu promosi dengan media online juga terbilang lebih mudah dan murah jikalau dibandingkan dengan promosi menggunakan media cetak.
Baca juga : 5 Peluang Usaha Modal Kecil
* menjalankan usaha tidak harus dengan model besar, dengan modal kecil pun juga bisa dilakukan asal ada niat dan kemauan.
Itulah ketujuh persiapan yang wajib dilakukan sebelum memulai usaha. Secara singkat bisa disimpulkan bahwa hal terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha ialah :
Mencari bidang usaha > Membuat catatan keuangan > Menemukan target pasar > Memaksimalkan koneksi > Menentukan lokasi bisnis > Menentukan taktik pemasaran
Jika Anda sudah mempersiapkan ketujuh poin yang saya sebutkan diatas, maka bisa dikatakan bahwa usaha yang Anda pilih tersebut sudah siap untuk dijalankan dan tentunya memiliki potensi yang tinggi untuk mencapai kesuksesan.
Comments