5 Perlengkapan Service Komputer

Halo Sobat Blogger, ketemu lagi nih dalam pembahasan Komputer. Di pembahasan yang lalu "Cara Cepat Belajar Menjadi Teknisi Komputer" saya jelaskan ada 5 Perlengkapan Service Komputer yang wajib di punya bagi seorang teknisi, apa saja peralatan yang dimaksud mari kita bahas bersama.

SIAPKAN SENJATA SOBAT
Yang tidak kalah pentingnya selain 11 cara sederhana yang wajib diperhatikan sebelum memulai bongkar komputer yaitu mempersiapkan alat-alat perbaikan sebagai senjata seorang teknisi dalam bekerja. Untuk mempermudah pekerjaan troubleshooting ini, dibutuhkan peralatan sebagai berikut :

Perlengkapan Service Komputer
  1. Tang
  2. Obeng,  sebaiknya 1 set lengkap atau minimal sebuah obeng nyata dan obeng negatif yang berkualitas. Akan lebih baik kalau menggunakan obeng yang mengandung magnet di ujungnya untuk mempermudah pemasangan skrup kecil.
  3. Siapkan juga Digital Multitester yang dibutuhkan untuk pengecekkan komponen. Jika perlu gunakan Osciloscope.
  4. Pinset, untuk memindahkan atau mencabut jumper yang diperlukan.
  5. Gelang anti statis, berfungsi untuk meredam listrik statis yang ada pada tubuh.
Seorang teknisi yang memperbaiki komputer, juga harus selalu mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang digunakan untuk panduan perbaikan serta program-program bantu untuk komputer diantaranya :

1. Buku Manual 
Buku manual merupakan petunjuk embel-embel pelaksanaan perakitan. Buku manual ini antara lain :
  • Buku manual CPU
  • Buku manual Motherboard
  • Buku data transistor
  • Buku manual printer, dan lain-lain
2. Gambar-gambar skema komponen tambahan menyerupai RAM, VGA Card, Sound Card dan lainnya.
3. Driver Bawaan, yang meliputi driver motherboard, VGA, Soundcard, Chipset, Printer dan sebagainya.
4. Siapkan juga Program-program instaler yang dibutuhkan menyerupai anti virus, Tuneup Utilitis dan lain-lain. 

Yang terakhir yaitu bahwa yang telah dibahas ini hanyalah Alternatif penyelesaian masalah-masalah pada komputer dari sekian banyak cara yang bergotong-royong masih dapat di lakukan dan mungkin lebih efektif dalam pelaksanaannya. Dan yang sangat penting dari ini semua yaitu proses berguru dari seseorang yang akibatnya bisa meningkatkan kemampuan dalam menganalisa alasannya yaitu kerusakan komputer. 

Nah bagaimana sobat, sudah siap bongkar komputernya...? eit nanti dulu masih banyak yang harus di perhatikan dan dibahas, di pembahasan selanjutnya saya akan membahas Bunyi-bunyi Aneh di Komputer yang wajib tidak kalah pentingnya sahabat tau. Terima kasih sudah membaca kalau memiliki kegunaan dapat sahabat share artikel ini siapa tau dapat bermanfaat juga untuk orang lain.

Comments